Selamat Datang

Semoga sedikit informasi dari blog ini dapat membantu anda. Jangan lupa komentarnya ya guys, diharepin banget. Terimakasih.

Sabtu, 14 Januari 2012

Teka - teki fisika (Fenomena Fisika) : Konsep hukum Newton III

Perhatikan gambar berikut :

Analisalah balok yang tergantung. Anggap sistem setimbang. Apakah antara tegangan tali dengan berat beban merupakan pasangan aksi - reaksi ?






Pembahasan :
Syarat berlakunya hukum Newton 3 :
1. Apabila gaya aksi dengan gaya reaksi sama besar.
Jika kita cari ∑Fy = 0 (Karena sistem setimbang), dan akan di peroleh T = w. Untuk syarat ini, sistem pada soal memenuhi, karena tegangan tali sama dengan berat beban.

2. Jika gaya aksi dengan gaya reaksi saling berlawanan arah.
Jika kita analisa gaya - gaya yang bekerja pada beban dan tali, maka kita dapan membuat gaya berat dengan arah kebawah ( kepusat bumi ) dan tegangan tali keatas ( berlawanan arah dengan arah berat beban ). jadi, untuk syarat ini memebuhi.

3. Jika gaya aksi dihilangkan, maka gaya reaksi juga akan hilang.
Syarat ini kita misalkan saja saat mendorong dinding, pada saat menyentuh dinding tersebut kita memberikan gaya aksi dan dinding kita anggap memberikan gaya reaksi kepada dorongan kita dengan arah yang berlawanan. Nah, pada saat dorongan kita hilangkan, makan gaya reaksi dinding juga akan hilang.
Kita kembali pada persoalan, coba kita putuskan tali yang mengikat beban. Apa yang akan terjadi ?. Pada saat kita menggunting tali pengikat beban, berat beban masih sama dengan keadaan awal, namun tegangan tali akan berubah karena gaya berat yang menariknya dihilangkan.

Jadi, antara berat beban dengan tegangan tali BUKAN merupakan pasangan aksi - reaksi.

Terimakasih sudah membaca tulisan ini.
Semoga bermanfaat.
:)

1 komentar: