Selamat Datang

Semoga sedikit informasi dari blog ini dapat membantu anda. Jangan lupa komentarnya ya guys, diharepin banget. Terimakasih.

Sabtu, 14 Januari 2012

Teka - teki fisika (Fenomena Fisika) : Konsep Tekanan

Seorang anak yang beratnya w, akan menyeberangi sebuah sungai kecil (anggap selebar 10 meter) dengan menggunakan papan tipis. Jika maksimum papan hanya dapat menahan tekanan beban sebesar w/A, dan di khawatirkan akan patah jika diberi tekanan sebesar w/A tersebut. Apa yang seharusya dilakukan anak tersebut agar dalam menyebrang tidak perlu khawatir tercebur karena papan yang digunakan patah ?

Pembahasan :
Papan bisa jadi akan patah dengan tekanan P = w/A,
dimana, w adalah gaya berat oleh anak dan A adalah luas permukaan kaki yang menyentuh papan penyebrangan.
Agar ia dapat menyebrangi sungai tanpa khawatir papan yang digunakan patah, maka ia harus memperkecil tekanan (p) yang ia berikan pada papan.
Seperti yang kita ketahui, bahwa tekanan berbanding lurus dengan gaya (disini adalah gaya berat) dan berbanding berbalik dengan luas permukaan (bidang sentuh).
Karena berat beban anak tidak mungkin kita perkecil untuk mengurangi tekanan yang diberikan, maka kita harus memperbesar luas bidang sentuh terhadap papan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengeberangi sungai dengan posisi MEROBOHKAN BADANNYA (MERAYAP).

:)
Semoga mendapat sedikit ilmu ya sobat !

2 komentar: